Serunya Pelatihan Blogging Bareng Blogger Jember Sueger

Sabtu, 09 Februari 2019

Pelatihan blogger

Sebagai blogger amatiran yang lagi semangat-semangatnya buat ngeblog, waktu ada pendaftaran pelatihan blogging aku langsung antusias banget! Apalagi ada tulisan gratis, jiwa-jiwa anak kos kalau udah baca gratis tau sendiri dong gimana? hehehe. Awalnya pun cuma iseng-iseng isi formulir dan nggak berharap terpilih sih tapi ternyata dari sepuluh peserta, salah satunya ada namaku. Sempet mikir juga kalau itu salah tulis apa gimana, tapi positive thingking ajalah, mungkin beneran kalau itu salah tulis..

Pelatihan blogging ini diadakan oleh salah satu komunitas blogger aktif di Jawa Timur yaitu Blogger Jember Sueger. Pelatihan ini diadakan seminggu sekali setiap hari Sabtu dan ada tiga kali pertemuan. Dipostingan kali ini aku bakal cerita tentang kegiatan pelatihan tapi hanya dua pertemuan aja. Kenapa sih cuma dua? Karena pelatihan ketiga dilaksanakan nanti hehehe.

Apa aja sih cerita seru selama pelatihan? 

Hari pertama pelatihan diadakan tanggal 26 Januari di Famato (belakang Indomaret Pandora Jember). Di hari pertama ini membahas seputar pengenalan blog, hal-hal mendasar mengenai blog, dan manfaat dari ngeblog yang disampaikan mbak Prita HW founder BJS (Blogger Jember Sueger). Blog itu apa sih? Jadi blog itu adalah bagian dari website tapi lebih personal dan daily. Dalam blog kita juga harus punya tiga tema besar yang dominan dan rutin di update. So, pengennya mau dibawa kemana sih blognya?

Materi mengenal dunia blogging dan manfaatnya bareng mbak Prita HW
(pict source: instagram @bloggerjember)

Materi selanjutnya tentang desain dan layout blog dari mbak Vindy Putri. Di materi kali ini membahas mengenai bagaimana sih desain blog yang baik itu? Hal apa sih yang harus dimiliki dan jangan dilakukan pada desain blog? Ada beberapa hal yang aku tangkap dari materi ini kalau kunci dari desain sebuah blog adalah 'nyaman dibaca oleh pembaca'. Kalau desain sudah nggak nyaman, tentu minat bacanya jadi kurang. Pun ternyata ada maksimal dan minimal kata dalam posting blog yaitu 300-1500 kata. Selama ini aku udah nulis berapa kata ya tiap posting?

Materi tentang desain dan layout blog oleh mbak Vindy Putri

Dari pertemuan pertama ada beberapa pr yang harus dikerjain. Yup! setiap pertemuan tentunya ada pr yang harus dikerjain. Di pertemuan ini ada beberapa pr yaitu mengganti icon blog, membuat kategori atau laman blog, dan menentukan niche blog.

Ada satu pr khusus buatku sebenernya, ganti foto hehehe. Awalnya aku memang pakai foto yang nggak kelihatan wajah dan dikomentari oleh mbak Prita, kalau fotonya seperti itu susah untuk branding dan orang-orang kurang percaya dengan blog itu. Aku jadi mikir juga sih, jangan-jangan waktu lihat blogku ada orang yang mikir, "Ini cewek apa cowok? Wajahnya kok nggak kelihatan." "Fotonya berhijab sih, tapi siapa tau juga berjakun." Kan serem!

Suasana pelatihan blogging hari pertama

Hari kedua pelatihan blogging tanggal  Februari di NOG Resto. Di pelatihan kedua ini membahas tentang photography for blogging dan personal branding. Materi photography disampaikan oleh mas Nana Warsita dan materi tentang personal branding dari mbak Prita HW. Materi tentang photography ini banyak membahas tentang teknik-teknik foto, komposisi foto yang baik, dan cara pengambilan view yang tepat saat foto. Dari materi ini aku paling suka tentang foto flat lay.

Setelah dapet materi photography ini aku coba aplikasikan waktu di kos dan ini hasil jepretan foto flat lay ala aku..


foto flatlay instagramable
Foto ini nggak disponsoi oleh pihak manapun yaa hehehe

Materi kedua yaitu personal branding dan beberapa materi tentang niche blog. Ada beberapa tips membangun personal branding yang aku dapat dari pelatihan ini yaitu tentang memilih nama khas untuk blog, sosmed, serta email dan menyamakan nama untuk semua medsos agar mudah diingat. Selain itu tentunya harus selalu share konten positif.

Di pertemuan kedua ini tentunya juga diberikan pr untuk membuat review tentang pelatihan blogging (yang sedang kalian baca saat ini) dan membuat portofolio diri. Ada yang kepo? Bisa intip portofolioku di About Me. Masih banyak kurangnya sih dan berharap bisa update terus pencapaian terutama dalam bidang kepenulisan, aamiin.

Foto bareng peserta dan pemateri setelah acara pelatihan blogging hari kedua
(pict source: instagram @bloggerjember)

Last, terimakasih untuk Blogger Jember Sueger yang sudah memberi kesempatan aku untuk ikut pelatihan blogging kali ini. Dari pelatihan ini, banyak banget manfaat yang bisa aku peroleh, selain tambah tau mengani dunia per-bloggingan juga nambah semangat buat ngeblog karena bisa sharing-sharing unyu bareng mbak, mas, dan adek-adek blogger.

Kayaknya tulisan kali ini panjang banget ya? Oh iya, domainku sekarang udah ganti jadi dotcom guys! Terimakasih juga untuk rumahweb untuk domain gratisnya karena iseng-iseng ikutan komentar di postingannya ternyata dapet.

Ternyata iseng nggak selamanya bikin nyesel, iseng-iseng ternyata juga ada yang berhadiah.
Ini ceritaku, mana ceritamu guys? Adakah yang pernah ikutan juga pelatihan blogging seperti ini atau pernah sharing-sharing unyu bareng blogger satu komunitasnya?


20 komentar:

  1. selamat buat domain barunya, mbak...

    BalasHapus
  2. Waaah senangnya mb bisa ikutan pelatihan blogging ya. Pasti deh diajari tentang personal branding dll. Semoga ilmu yg didapat bermanfaat ya dan blog mbak bisa sukses aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak diajari personal branding hehe, baru pertama ini plus bisa ketemu sama orang-orang yang sehobi :D aamiin terimakaasih mbak ^^

      Hapus
  3. Wah..acaranya keren ni mba..bermanfaat banget. Aku pernah juga sih pelatihan serupa, tp waktu itu pelatihan nulis essay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak hehe. Wah belum pernah sih kalau ikut pelatihan essay, semoga next bisa ikut pelatihan-pelatihan nulis hihi ^^

      Hapus
  4. Wahhh acaranya keren banget untuk para pemula nih, bisa berbagi ilmu blogging step by step... masukin foto ke blog itu penting memang, biar dilirik sama brand, hihi.... semangat terus yakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bagus banget untuk pemula macam saya mas hehe, iya baru tau soalnya dulu pengennya mau nulis secara anonim gitu tanpa banyak yang tau haha :D

      Hapus
  5. aku ngakak pas baca berjilbab tapi berjakun, hihi. iya memang sih kalau ada fotonya setidaknya owh ini pemilikny, jadi rasanya lebih terpercaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mbak saya baru ngerti maklum masih pemula ^^

      Hapus
  6. Wahh, asyik ada pelatihan blog secara rutin yaaa. Selain tambah wawasan tentu jadi tambah teman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa tapi baru pertama kali ini ikutan sih kak ^^

      Hapus
  7. Setuju dah kak, iseng gak selamanya bikin nyesel malah terkadang dapat hadiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apalagi isengnya dapet domain gratis setahun ya ren :D

      Hapus
  8. pelatihannya seru, apalagi pas materi fotografi., bikin semangat buat moto2, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya waktu materi foto-foto pada semangat semua kayaknya :D

      Hapus
  9. Semoga dengan blog domain TLD kian semangat ngeblog. Meski dapat gratis setidaknya jadi bisa netapin target.
    Hem, saya belum pernah ikut pelatihan blog, pengen juga, sih. Seru baca ulasannya.
    Oh ya, soal foto memang harus jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin tapi kadang suka muncul redup moodnya haha. Iya seru pelatihan blognya mbak, apalagi bisa ketemu dengan orang-orang yang punya hobi sama hehe

      Hapus

Terima kasih sudah membaca. Silahkan meninggalkan jejak di bawah ini :)