Alfamart x TJI Bersama Perempuan Jember: Baking Class sampai Kampanye Diet Kantong Plastik

Selasa, 16 April 2019


Hola-halo!

Berbicara tentang perempuan, cerita tentang perempuan-perempuan di jaman now memang beragam dan menginspirasi. Perempuan harus kreatif dan mulai aktif diajak berkontribusi untuk negri. Nah, di postingan kali ini aku akan share ke kalian mengenai keseruan pelatihan khusus perempuan yang aku ikuti tanggal 9 April 2019 lalu nih..

Pelatihan apa sih itu?

Pelatihan kali ini yaitu Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat yang diadakan oleh Alfamart Jember bekerjasama dengan The Jannah Institute. Acara berlangsung di Grand Cafe Jl Jawa, Jember. Karena khusus perempuan, acara ini dihadiri beberapa emak-emak dan calon emak-emak, ada beberapa dari komunitas blogger serta umkm.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh founder TJI yaitu mbak Prita HW. Selanjutnya ada sambutan dari bapak Yosia Andika selaku Branch Manager Alfamart Jember

Pak Yosia Andika, Branch Manager Alfamart Jember

Baking Class by Mbak Indah

Setelah pembukaan dan sambutan, acara pertama dimulai dengan baking class oleh mbak Indah (@indah_setyojember). Baking class kali ini yaitu membuat puff pastry dengan isian. Ada beberapa note penting nih dari mbak Indah kalau ingin membuat puff pastry, mulai dari tepungnya harus menggunakan tepung dengan protein tinggi, airnya harus menggunakan air dingin, dan yang paling penting penggunaan korsvet harus berlapis-lapis... pokoknya harus telaten agar pastry yang dihasilkan pun berlapis dan crunchy!

Mbak Indah yang memberikan pelatihan pembuatan pastry isi
Serunya juga, diacara itu kita dapat mencoba membuat puff pastry isi sesuai kreasi kita lho! Nih ada penampakan before-after pastry ala-ala aku dan teman-teman..




Ayo Diet Plastik!

Berbicara mengenai plastik memang tidak ada habisnya karena plastik memang kemasan yang sangat praktis,  mudah, dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun tau nggak sih, ternyata hanya ada 7% yang didaur ulang, 69% yang berakhir di pembuangan akhir, dan sisanya mencemari lingkungan?

Di acara ini pembicara selanjutnya berbicara mengenai diet kantong plastik oleh pak Faruq selaku Corporate Communication Regional Manager. Jadi ternyata nih mulai tanggal 1 Maret lalu Alfamart mulai menerapkan kembali program KPTG alias Kantong Plastik Tidak Gratis, yang mana ini merupakan salah satu langkah Alfamart untuk mengurangi dampak sampah plastik. Selain sosialisasi lewat acara-acara seperti ini, Alfamart juga mengkampanyekan hal ini lewat sosial media karena jaman sekarang yang apa-apa serba sosmed. Ternyata selain urusan bisnis, Alfamart juga peduli terhadap lingkungan lho! hehehe..

Kampanye diet plastik oleh Pak Faruq

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

  • Reduce, Refuse, kurangi penggunaan kantong plastik
  • Reuse, gunakan tas belanja yang masih dapat digunakan
  • Recycle, pilah-pilah kembali dan daur ulang plastik bekas punyamu
  • Rethink, pikir kembali sebelum menggunakan kantong plastik, apakah benar-benar membutuhkannya?
So, mulai kurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa tas belanja sendiri ya guys!


Manajemen Ritel Pedagang Kelontong

Pak Taufik Hidayanto, Store Sales Point Manager Alfamart Jember
Acara terakhir, ada pak Taufik yang membicarakan mengenai manajemen ritel pedagang kelontong. Jadi nih, selain peduli terhadap lingkungan, Alfamart juga memiliki program-program untuk pedagang-pedagang kecil. Programnya seperti bedah warung atau rombong yang tentunya bisa meningkatkan nilai jual dari warung itu.

Selain itu, para pedagang UMKM juga bisa memasukkan produk-produk mereka ke Alfamart. Ada beberapa kriteria produk yang dapat dititipkan ke Alfamart nih: sesuai dengan segmen Alfamart, ketersediaan tempat, potensi permintaan pasar, tren penjualan barang, keterkaitan kategori barang, dan ketersediaan barang.  Nah jadi Alfamart nggak mematikan bisnis pedagang kecil nih guys! Justru melalui program-programnya Alfamart membantu para pedagang kecil ternyata..

Di akhir acara, ditutup dengan makan siang dengan menu andalan di Grand Cafe. Selanjutnya ada juga pembagian doorprize untuk para emak-emak dan calon emak yang aktif. Eits! Nggak cuma sampai disitu aja karena semua peserta yang hadir pun turut mendapat goodie bag dari Alfamart.

Pict source: instagram @thejannah.ins
Last, aku mengucapkan terimakasih untuk Alfamart Jember dan The Jannah Institute yang memberi kesempatan untuk aku bisa turut memeriahkan acara ini. Semoga acara sekeren ini bisa berkelanjutan kedepannya dan aku bisa ikut lagi hehehe..

See you!



9 komentar:

  1. Aku masih sering pakai kantong plastik, gara2nya tas belanjaan pasti ketinggalan di rumah. Padahal udah beli sampe 3 biji yg ukurannya segambreng, tp jarang kebawa wkwkkwkwkw...

    "...para pedagang UMKM juga bisa memasukkan produk-produk mereka ke Alfamart."

    Yg ini menarik banget, mbak. Ada info lebih lanjut prosesnya kaya gimana? Misal perlu surat pengajuan ke Alfamart Pusat dulu atau gimana gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada infonya di blogku, silakan klik link namaku aja, tar auto nyambung sama artikel yg menjelaskan soal itu yah. Thanks

      Hapus
  2. enak kan ya liputan acara begini Awi? hehe, smg sharingnya bermanfaat juga yaa

    BalasHapus
  3. Baking class itu belajar bikin kue wah enak nih buat berbuka puasa...😁

    BalasHapus
  4. wah pengen dong ikut baking class kayak gini, apsti seru banget deh

    BalasHapus
  5. Aku bekerja disalah satu perusahaan pembuatan plastik (injection Moulding) bicara tentang recyle atau daur ulang. Jika di perusahaan pembuatan plastik, itu tidak di perkenankan. Karena berdampak dengan kualitas, berbeda dengan di maysarakat. Menjadikan plastik daur ulang menjadi kreatifitas..

    BalasHapus
  6. Nice event, nice sharing. Salam kenal dari blogger Malaysia. DONE follow ur blog =D

    BalasHapus
  7. Thanks for sharing, semoga sukses terus,.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca. Silahkan meninggalkan jejak di bawah ini :)